Tips Mengobati CTS (Carpal Tunnel Syndrome)

 

Terkadang tidak semua penyakit perlu mendapat penanganan yang khusus. Ada yang harus menggunakan obat dokter, ada pula yang hanya butuh istirahat yang cukup untuk memulihkan diri dari rasa sakitnya. Misalnya saja penyakit Carpal tunnel syndrome (CTS), cara mengobati carpal tunnel syndrom inipun tidak memerlukan pengobatan khusus karena bisa pulih dengan sendirinya dalam beberapa bulan.

Namun apabila CTS perlu diobati dan perlu dilakukan beberapa tindakan, maka penanganan yang dilakukan tergantung kepada tingkat keparahan penyakit itu sendiri. Berbeda jika CTS yang muncul saat hamil, rasa sakit yang dirasakan akan menghilang dengan sendirinya setelah si ibu ini melahirkan.

Untuk mencegah bertambah parahnya CTS yang kita derita, penderita perlu menghindari beberapa kegiatan yang banyak melibatkan gerakan jari dan juga tangan. Apa saja cara mengobati carpal tunnel syndrome yang perlu kita ikuti?

  • Lakukan perubahan pada gaya hidup
READ  Seberapa Bahaya Candidiasis?

Terkadang perubahan sederhana bisa membantu, misalnya menggunakan bantalan pergelangan tangan saat mengetik. Cara ini cukup efektif bagi anda para pekerja kantoran. Selain itu dengan terapis fisik atau okupasi, kita bisa menyarankan cara yang berbeda. Selain itu yang mencakup gaya hidup, yaitu:

  1. Minum obat-obatan atau pil yang sesuai dengan arahan dari dokter.
  1. Lakukan penundaan pada pengobatan. Jika muncul gejala sakit otot yang parah, peluang pulih total lebih sedikit. Maka dari itu, pada tingkat ini anda sangat dianjurkan untuk segera menghubungi dokter terdekat.
  2. Lepaskan gelang di pergelangan tangan sebentar jika Anda memakainya di siang hari untuk melatih pergelangan tangan dan lengan tangan. Jangan benar-benar berhenti menggunakan dan melatih tangan, maka anda akan lebih terbiasa dengan kondisi ini sehingga tidak membuat tangan semakin stress dan mengalami trauma.
  3. Selain itu tindakan yang bisa dilakukan untuk mengurangi keluhan CTS adalah dengan mengistirahatkan pergelangan tangan yang nyeri. Anda bisa menggunakan kompres dingin / es batu di area yang nyeri selama 10-15 menit, selama 1-2 kali setiap jam.
READ  Pernahkah Anda Mengalami Carpal Tunnel Syndrome?

Selain dari beberapa jenis pengobatan yang sudah disebutkan diatas, anda juga bisa memberikan obat untuk mengurangi rasa nyeri yang anda rasakan. Dan obat yang bisa meredakan nyeri dalam jangka pendek dengan mengurangi radang yang dirasakan adalah ibuprofen, atau paracetamol dalam dosis tinggi. Yang terpenting anda bisa meredakan nyeri otot yang anda rasakan terlebih dahulu. Selain dengan obat minum, anda juga bisa melakukan pengobatan suntik ke pergelangan tangan yang sakit sehingga dapat membantu menahan rasa nyeri dalam waktu yang lebih lama. Selain dari kedua jenis pengobatan diatas, anda juga bisa mendapatkan operasi untuk memperluas ruang bagi saraf tangan anda. Dan ini adalah cara terbaik untuk mengurangi tekanan saraf jika pengobatan lainnya tidak efektif.

READ  Cantengan, Infeksi Serius atau Biasa saja ?

Setelah anda melalui masa operasi, biasanya pengobatannya akan cenderung lebih singkat karena anda bisa cepat pulih dan anda cukup mengistirahatkan diri selama kurang lebih 6 minggu atau satu setengah bulan untuk menghindari beberapa gejala baru yang mungkin akan menambah tingkat keparahan yang diderita. Jika anda sudah selesai dengan pengobatannya. Ada baiknya jika anda menggunakan wrist support yang mana tujuannya adalah untuk menempatkan pergelangan tangan anda anda selalu pada posisi yang tidak menekuk dan tetap tegak. Tangan penderita akan dibebat dan ditopang hingga setinggi dada. Penderita akan diminta menggerakkan jari-jarinya untuk mengurangi bengkak dan mencegah kaku. Biasanya tangan akan kembali pulih dalam waktu 2-12 bulan. Demikian informasi mengenai cara mengobati carpal tunnel syndrom, semoga sehat selalu.

Sumber :

www.surabaya.tribunnews.com

www.style.tribunnews.com