Seberapa Bahaya Candidiasis?

 

Mungkin sebagian dari anda pernah mengalami gatal dan iritasi pada kulit hingga berwarna merah atau putih. Parahnya gatal yang dialami terdapat di area lembab dan susah dijangkau. Bisa jadi, itu merupakan Candidiasis. Apa itu Candidiasis? Candidiasis adalah suatu penyakit kulit akut atau subakut. Pengertian Kandiadiasis yaitu infeksi yang disebabkan oleh Candida albicans ataupun spesies lain dari genus kandida.

Bagian yang paling sering mengalami infeksi candidiasis adalah mulut dan sekitar organ intim yang disebabkan jamur intermediate. Bagian lainnya bisa juga menginfeksi kulit, kuku, selaput lendir dan alat- alat dalam, membran mukosa, dan traktus gastrointestinal.

Umumnya Candidiasis terjadi pada wanita. Namun tidak menutup kemungkinan pria juga bisa terkena infeksi ini lho. Ternyata orang-orang dengan imunitas tubuh yang lemah seperti penderita kanker, atau penyakit imunitas seperti HIV atau AIDS, penyebaran infeksi jamur candidiasis ke seluruh tubuh akan lebih cepat, dan kondisi ini membahayakan nyawa.

READ  Bingung cara untu mengatasi alergi kacang? Yuk simakberikut ini!

Candidiasis dapat dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu :

  1. Candidiasis Mukosa

Candidiasis Oral/orofaringeal

Candidiasis orofaringeal merupakan infeksi yang berkembang di mulut atau tenggorokan (CDC, 2016). Kandidiasis ini tampak sebagai bercak putih diskret yang dapat menjadi konfluen pada mukosa bukal, lidahpalatum, dan gusi.

Candidiasis Vulvovaginal

Candidiasis vulvovaginal disebut sebagai infeksi jamur (ragi) vagina, merupakan infeksi yang umum terjadi ketika terdapat pertumbuhan berlebih dari jamur kandida. Tetapi, ketika terjadi ketidakseimbangan seperti perubahan keasaman vagina atau perubahan hormonal, kandida dapat bermultiplikasi.

Balanitis / Balanopostitis Candidiasis

Balanitis candidiasis merupakan candidiasis yang terjadi pada glans penis, sedangkan balanopostitis mengenai glans penis dan prepusium pada laki-laki yang belum disirkumsisi. Tampak erosi merah superfisialis dan pustul berdinding tipis di atas glans penis.

  1. Candidiasis Kutis
READ  Bagaimana cara mengatasi alergi telur yang kadang terjadi pada diri kita atau sang buah hati?

Candidiasis kutis merupakan penyakit infeksi pada kulit yang disebabkan oleh jamur genus kandida.

Candidiasis Kutis Intertrigo

Candidiasis intertrigo merupakan infeksi pada kulit yang disebabkan oleh Candida albicans, khususnya terletak di antara lipatan intertriginosa kulit yang berdekatan. Gambaran klinis tampak sebuah bercak merah yang gatal, diawali dengan vesikulopustul yang membesar dan pecah.

Candidiasis Mukokutaneus Kronik

Candidiasis ini adalah infeksi heterogen pada rambut , kuku , kulit , dan selaput lendir yang terus berlanjut meskipun dengan terapi, ditandai dengan infeksi kronik dari kandida, yang terbatas pada permukaan mukosa, kulit, dan kuku.

Candidiasis Paronikia

Candidiasis paronikia merupakan inflamasi pada lipatan kuku, yang disebabkan oleh Candida albicans. Akan tampak daerah lipatan kuku menjadi eritem, bengkak, dan lunak, dengan discharge sesekali.

READ  7 Cara Ampuh Mengobati Cantengan

Candidiasis Onikomikosis

Gejala yang paling umum dari infeksi jamur kuku adalah kuku menjadi menebal dan berubah warna menjadi putih, hitam, kuning atau hijau. Saat infeksi berlangsung kuku bisa menjadi rapuh.

Candidiasis Kutaneus Kongenital

Candidiasis kutaneus kongenital merupakan kondisi kulit pada bayi baru lahir yang disebabkan oleh ketuban pecah sehingga terinfeksi Candida albicans.

Diaper Rash

Diaper rash candidiasis merupakan sebuah infeksi oleh Candida albicans pada area diaper pada anak.

Candidiasis Kutis Generalisata

Candidiasis ini terdapat pada glabrous skin, dilipatan payudara, intergluteal, dan umbilicus.

Candidiasis Unspecified

Kondisi dimana Candida albicans, tumbuh diluar kendali di daerah kulit yang lembab. Kondisi ini akan terjadi ketikan imun tubuh melemah. Candidiasis adalah penyakit yang tidak bisa disepelekan, karena jamur yang terus di diamkan akan semakin merambat ke organ-organ lain.

 

Sumber : www.hellosehat.com