Pernahkah Anda Mengalami Carpal Tunnel Syndrome?

 

Carpal Tunnel Syndrom adalah jenis penyakit yang menyerang pergelangan tangan. Dan bahayanya nyeri yang sering menyerang sendi dan juga pergelangan tangan ini terkadang memang dianggap hal yang wajar. Terlebih setelah melakukan aktivitas yang sering menggunakan tenaga tangan, misal seperti mencuci, memasak, dan mengetik. Sehingga penanganannya sering diabaikan, padahal hal ini sangat penting untuk dilakukan. Apalagi kalau anda terlalu sering merasakan nyeri dan juga kesemutan, bisa jadi anda saat ini sedang terkena Carpal tunnel syndrom. Lalu sebenarnya apa itu Carpal tunnel syndrome?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa carpal tunnel syndrome merupakan jenis penyakit yang menyerang pergelangan tangan dan juga sendi. Yang mana saraf yang mengontrol indra perasa dan pergerakan di dalam pergelangan tangan yang terkena sindrom carpal tunnel ini disebut dengan saraf median. Saraf median inilah yang akan melintang dan melewati struktur pada pergelangan tangan yang berbentuk terowongan sehingga disebut carpal tunnel (terowongan carpal).

READ  Inilah 6 Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

Harus anda ketahui bahwa Carpal Tunnel Syndrome sendiri adalah sebuah kombinasi dari kelainan jari, tangan dan lengan ditandai gejala sensoris ataupun motoris. Kelainan ini paling sering menyerang mereka yang berada pada usia 30 tahunan keatas. Dan kebanyakan dari mereka adalah para wanita. Karena wanita memang memilih risiko yang berlebih sehingga tingkat penderitanya lebih tinggi jika dibandingkan dengan para laki-laki.

Selain itu perlu diketahui juga apa saja tanda-tanda dari Carpal tunnel Syndrome atau CTS yang sering muncul sehingga anda bisa melakukan beberapa upaya pencegahan dan juga pengobatan yang lebih efektif. Sehingga rasa sakit ataupun nyeri yang anda rasakan tidak akan terasa berkepanjangan. Nah, berikut ini beberapa gejala yang bisa menjadi tanda bahwa anda mengakami masalah dengan CTS :

  1. Adanya daya genggaman yang sangat lemah, sehingga ketika anda memegang suatu benda, anda tidak bisa menggenggamnya dalam waktu yang cukup lama. Bahkan anda akan cenderung menjatuhkan beberapa benda yang dipegang karena anda tidak kuat memegang benda tersebut. Maka dari itu, jika anda merasa anda terkena CTS, sebaiknya langsung hindari aktivitas-aktivitas berat yang bisa membuat kesehatan pergelangan tangan anda terganggu.
  2. Mulai muncul rasa nyeri dan kesemutan bahkan sampai mati rasa pada bagian tangan ataupun pergelangan tangan. Namun tidak hanya pada bagian itu saja, jari jemari tangan juga akan ikut merasakan akibatnya. Maka dari itu coba lakukan peregangan sesekali ketika anda melakukan pekerjaan dengan gerakan yang sama secara berulng-ulang seperti mengetik.
  3. Jika rasa sakit yang dirasakan semakin buruk, maka biasanya nyeri yang dirasakan akan semakin intens. Sehingga ketika anda menggerakan ataupun memutar tangan anda. Anda akan sering merasakan nyeri yang amat dahsyat.
  4. Biasanya orang yang menderita CTS juga sering merasa tidak nyaman pada bagian bahu dan lengan bagian atas. Sehingga biasanya mereka akan merasa sulit untuk mengangkat tangan mereka. Nah jika anda mulai merasa gejala ini. Ada baiknya untuk anda segera pergi ke dokter untuk mendapatkan perawatan yang terbaik.
READ  TAK PERLU KHAWATIR   KENALI GEJALA DAN CARA MENGATASI ALERGI SEAFOOD

Selain dari beberapa keluhan-keluhan sensorik ini, biasanya penderta carpal tunnel syndrom adalah orang yang sering mengalami kelemahan pada bagian otot tangannya. Sehingga banyak penderita CTS ini memakai gips untuk memulihkan lagi keadaan yang ada. Namun perlu anda ingat, bahwa beberapa gejala yang hilang bisa timbul kembali dalam waktu yang mendadak. Sehingga terkadang mengganggu penderitanya ketika mereka beraktivitas.

Sumber : www.halodoc.com