Inilah 6 Penyebab Carpal Tunnel Syndrome

 

 

Pernahkah anda mendengar apa itu CTS dan penyebab Carpal Tunnel Syndrome? Jika belum maka saatnya anda untuk mengetahui penyakit yang satu ini. Carpal tunnel syndrom adalah suatu kondisi yang menyebabkan mati rasa, geli, kelemahan, dan nyeri di tangan yang disebabkan oleh tekanan pada saraf median yang ditemukan di pergelangan tangan. Sehingga seseorang terkadang akan merasa ngilu pada bagian pergelangan yang terkena gejala ini.

Gejala pertama yang terjadi ketika anda mendapatkan masalah dengan carpal tunnel syndrom adalah mati rasa dan kesemutan di tangan serta bagian pergelangan tangan yang sering dirasaka pada malam hari. Mengapa malam hari? Karena biasanya tangan yang sudah sering digunakan untuk bekerja akan lebih mudah untuk terserang kondisi carpal tunnel syndrome. Dan bagian tubuh yang paling sering mengalami carpal tunnel syndrom ini adalah bagian jempol, jari telunjuk, jari tengah, dan juga telapak tangan. Beberapa bagian inilah yang nantinya akan sering mengalami serangan-serangan yang tidak menentu secara tiba-riba.

READ  Pernahkah Anda Mengalami Carpal Tunnel Syndrome?

Ketika kondisi carpal tunnel syndrom mulai berlanjut, gejalanya bisa saja semakin memburuk sepanjang hari. Kondisi ini nyatanya sering terjadi pada wanita yang mulai memasuki usia paruh baya atau diatas 30 tahun keatas. Sehingga banyak yang menyebut bahwa carpal tunnel syndrom seperti sudah menjadi penyakit yang umum pada usia senja. Carpal Tunnel Syndrome sendiri biasanya disebabkan oleh adanya beberapa tekanan pada saraf median karena adanya pembengkakan. Nah, pembengkakan inilah yang mulai disebabkan karena adanya pekerjaan yang terlalu sering dilakukan menggunakan jari secara berulang, seperti :

  1. Seorang pelukis, dimana mereka akan sering menggunakan jari mereka untuk menggambar sehingga posisinya cenderung sama. Jika mereka tidak sering-sering melakukan peregangan. Bisa jadi masalah yang didapatkan akan semakin serius.
  2. Pekerjaan pengemasan yang sering dilalui oleh para buruh pabrik. Karena terlalu sering bekerja tanpa ada waktu istirahat yang proper, buruh pabrik dalam bidang pengemasan sering mengalami masalah CTS ini.
  3. Pemerah susu, dimana profesi ini hampir sama dengan profesi pelukis yang tidak bisa meninggalkan tangannya untuk bekerja. Karena adanya tekanan yang sama secara berulang inilah terkadang CTS akan menyerang secara mendadak.
  4. Pekerjaan konstruksi, profesi ini sudah jelas menjadi salah satu profesi yang memiliki resiko terbesar akan CTS. Itulah mengapa pekerja konstruksi terkadang dibekali dengan K3 yang sangat berarti untuk keberlangsungan keselamatan dan kesehatan kerja mereka.
  5. Pekerja kantor yang sering menggunakan mouse dan keyboard merupakan penyebab umum carpal tunnel syndrom yang ada di dunia medis. Pasalnya profesi ini pasti dan mau tidak mau bertemu dengan aktivitas mengetik sehingga jari kadang tidak bisa diistirahatkan karena harus dikejar dedline. Tak jarang pekerja kantoran yang sering mengeluh terkena serangan CTS secara mendadak.
  6. Seorang musisi yang sering menggunakan alat musik gesek seperti biola atau cello. Mereka akan memiliki resiko yang lebih besar, terutama bagi para pemula. Maka dari itu pemanasan dan menjaga stamina juga sangat penting untuk dilakukan oleh para musisi.
READ  Cantengan, Infeksi Serius atau Biasa saja ?

Selain beberapa penyebab yang sudah disebutkan diatas, anda juga harus memperhatikan beberapa gaya hidup mengkhawatirkan yang anda lakukan seperti terlalu sering mengkonsumsi alkohol, merokok, diabetes dan gangguan lainnya. Karena jika diabaikan, hal itu dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang, Jadi sangat penting untuk mengambil tindakan pencegahan sebelum semua menjadi semakin parah hanya karena beberapa penyebab carpal tunnel syndrom ringan yang tidak disadari.

Sumber : www.honestdocs.id