Hal Sepele yang Menyebabkan Cantengan

Hampir semua orang pernah mengalami cantengan dengan penyebab cantengan yang beragam. Bukan hanya dari kalangan dewasa saja, tapi mulai dari anak-anak hingga orangtua semua pasti pernah mengalami derita cantengan. Apa itu Cantengan? Cantengan adalah pembengkakan yang disertai dengan rasa sakit, serta kemerahan pada sudut ujung jari akibat pertumbuhan kuku yang menjorok. Sehingga kuku akan menekan daging kaki sehingga dia akan membuat daging terluka dan menyebabkan bekas luka pada cantengannya tersebut. Selain itu, biasanya cantengan menimbulkan bau kaki yang sangat tidak sedap. Hal ini dikarenakan adanya nanah yang tumbuh di dalam kaki yang terluka tersebut sehingga membusuk dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa cantengan dapat terjadi di jari kaki dan jari tangan. Meski cantengan terlihat sepele dan cepat untuk disembuhkan, ternyata penyakit ini bisa menimbulkan komplikasi. Bahkan ada sebagian orang yang terpaksa mengambil tindakan untuk operasi kecil demi menyembuhkan pembengkakan yang ada pada jari alias cantengan. Karena seperti yang anda ketahui sebelumnya bahwa cantengan ini akan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa apabila dia mendapatkan tekanan berlebih. Sehingga banyak orang yang akhirnya membawa kondisi ini ke dokter terdekat sehingga mendapatkan perawatan yang baik dan tidak meninggalkan infeksi.

READ  Bingung cara untu mengatasi alergi kacang? Yuk simakberikut ini!

Untuk mencegah terjadinya cantegan pada jari kaki dan tangan, perlu kita kenali beberapa penyebab cantengan. Nah, yuk ketahui beberapa hal yang dapat menyebabkan cantengan tersebut :

  1. Memakai sepatu yang sempit

Jika kita beli sepatu salah ukuran atau terlalu kecil, terkadang kita memaksa untuk terus memakainya agar muat. Berharap ukuran sepatu akan lebih longgar mengikuti ukuran kaki. Tapi hal ini malah jadi simalakama untuk kaki kita sendiri dan terjadilah cantengan. Maka dari itu, lebih baik membeli sepatu dengan satu ukuran lebih besar yang nyaman dari ukuran aslinya daripada anda membeli dengan ukuran kecil dan membuat anda tidak nyaman.

  1. Tidak menjaga kebersihan pada kaki
READ  Pernahkah Anda Mengalami Carpal Tunnel Syndrome?

Pertumbuhan bakteri di kaki sangat pesat. Alasannya karena hampir semua orang yang menggunakan sepatu tertutup bisa memakan waktu lebih dari 4 jam pemakaian. Maka kaki akan sering berkeringat dan tumbuh jamur tanpa disadari. Selain timbulnya jamur, cantenganpun bisa terjadi karena kita enggan merawat kebersihan pada kaki. Sehingga sangat dianjurkan bagi anda untuk memberikan nafas pada kaki anda dengan sesekali melepas sepatu, dan mencuci kaki anda sebelum tidur agar menjada kaki dari bakteri yang tidak diinginkan.

  1. Memotong kuku yang tidak benar

Walaupun kedengarannya sepele, memotong kuku juga perlu ada aturannya lho. Ternyata memotong kuku yang tidak rata, dapat menyebabkan pertumbuhan kuku yang tidak sesuai. Kuku akan menjorok ke arah daging sehingga terjadi pembengkakan dan kemerahan. Dan inilah penyebab utama mengapa cantengan sering terjadi.

  1. Kaki yang cedera
READ  Seberapa Bahaya Candidiasis?

Tidak hanya cedera besar saja yang bisa menjadi petaka, cedera kecil juga bisa menjadi faktor terjadinya cantengan. Misal jempol kaki tertimpa benda berat atau terpentok benda keras, maka biasanya akan terjadi pembengkakan pada kaki atau jari yang terkena benda keras tersebut. Selain itu kepentok meja, pintu atau benda-benda berat, akan menimbulkan kuku copot. Sehingga pertumbuhan kuku menjadi tidak sesuai.

Nah, itulah penjelasan penyebab terjadinya cantengan. Awalnya memang dari hal-hal kecil, namun perlu kita ketahui agar terhindar dari cantengan.

 

Sumber :

 

www.tenesia.com