7 Cara Ampuh Mengobati Cantengan

 

 

Cantengan biasanya terjadi karena adanya kebiasaan buruk dalam memotong kuku. Kasus yang sering terjadi adalah karena memotong kuku yang terlalu pendek. Cara mengobati cantenganpun cukup memakan waktu dan usaha yang berlebih, karena rasa sakit yang dirasakan akan dua kali lipat lebih besar. Adapaun gejala dan tanda yang paling umum terjadi biasanya adalah bengkak di sekitar kuku jari, adanya kemerahan dan juga adanya rasa sakit atau nyeri ketika kuku mulai tertekan ataupun di sentuh. Selain rasa bengkak yang di rasakan, biasanya cantengan juga dapat mengurangi rasa ketidak percayaan diri. Karena munculnya bau yang tidak sedap dan penampakan yang tidak enak dipandang.

Akibat yang terburuk yang akan dirasakan oleh orang yang terkena cantengan adalah tidak nyamanannya berjalan menggunakan alas kaki yang tertutup seperti sepatu. Maka dari itu banyak yang memilih menggunakan sandal biasa ketika mereka sedang mengalami masalah cantengan. Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa selain karena menggunting kuku yang terlalu pendek. Masih banyak penyebab kuku jadi terkena cantengan, salah satu penyebabnya karena cedera pada kuku, pertumbuhan kuku ke dalam, cara memotong kuku yang salah, kebiasaan buruk menggigit kuku maupun memakai alas kaki yang sempit hingga faktor genetik. Ini beberapa hal yang wajib kita ketahui, bagaimana mengobati cantengan pada jari kaki dan tangan.

READ  Hal Sepele yang Menyebabkan Cantengan

 

  1. Perhatikan saat menggunting kuku yang tepat

Demi mengurangi kemungkinan pertumbuhan kuku ke arah dalam, perlu untuk memperhatikan bagaimana tata cara dalam menggunting kuku. Mengguntingnya sedikit demi sedikit dan secara garis lurus, sedikit saja melengkungi ujung-ujung kuku, bukan melengkung mengikuti lengkungan jari.

2. Obati dengan cuka apel

Gunakan cuka apel untuk membersihkan kaki. Cara menggunakannnya tambahkan seperempat cangkir cuka apel ke air hangat untuk merendam kaki selama 20 menit. Cara mengobati cantengan ini digadang-gadang sangat efektif untuk dilakukan.

  1. Jangan gunakan sepatu yang sempit

Hindari pakai sepatu high heels dan sepatu yang sempit. Memakai sepatu yang sempit dan tinggi dapat memberi tekanan yang lebih besar pada jari kaki. Jika tetap memakainya, maka rasa sakit akan semakin sering muncul dan cantengan akan lama sembuhnya.

  1. Gunakan jahe dan minyak kelapa
READ  Bingung cara untu mengatasi alergi kacang? Yuk simakberikut ini!

Bumbu dapur yang satu ini hampir jadi obat mujarab bagi semua penyakit, salah satunya cantengan. Cara membuatnya, campur kedua bahan ini ke dalam panci, kemudian panaskan. Olesi bagian kuku yang terkena cantengan menggunakan campuran ke dua bahan ini. Setelah itu perban dengan kain kasa.

5. oleskan salep atau krim antibiotik

Mengoleskan salep atau krim antibiotik dapat mempercepat penyembuhan dan membantu mengurangi risiko infeksi. Misal seperti Neosporin, Polysporin, dan Bactroban adalah berbagai jenis salep yang bisa digunakan untuk mengatasi cantengan.

  1. Balut kaki dengan Perban

Cara efektif lainnya yaitu menutup jari kaki yang cantengan dengan perban. Hal ini dilakukan agar kuku tetap bersih dan terhindar dari kotoran yang mungkin masuk dan menginfeksi. Selain itu tunjuannya agar tidak lecet jika terkena sepatu atau sendal yang permukaannya keras.

  1. Rendam kaki dengan air garam
READ  Cantengan, Infeksi Serius atau Biasa saja ?

Selain menggunakan jahe dan salep, hal efektif lainnya yaitu merendam kaki dengan air garam. Hal ini bertujuan untuk meredakan rasa sakit dan juga bengkak akibat cantengan. Caranya dengan merendam kaki di larutan air garam hangat selama kurang lebih 15 menit setiap hari.

Cantengan memang bukan masalah yang besar bagi kesehatan dan tak terlalu membahayakan. Namun kita akan merasa tidak nyaman dengan rasa sakit dan bentuknya yang besar. Cara mengobati cantengan diatas bisa anda lalukan, namun jika rasa sakit masih terus berlanjut, anda bisa ambil pilihan untuk konsultasi ke dokter.

Sumber :

 

www.wikihow.com

 

www.beritaherbalku.com